BAB II
PEMBAHASAN
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU
Perkembangan pemikiran secara
teoritis senantiasa mengacu kepada peradaban Yunani.Periodesasi ilmu dimulai
dari peradaban Yunani dan diakhiri pada zaman kontemporer.Berikut ini merupakan
periodisasi perkembangan ilmu pengetahuan sejak zaman Yunani kuno sampai dengan
zaman kontemporer.
A. PERKEMBANGAN ILMU PADA ZAMAN YUNANI
Zaman ini berlangsung dari abad 6 M
sampai dengan sekitar abad 6 M. Zaman ini menggunakan sikap ‘’aninquiring
attitude (suatu sikap yang senang menyelidiki sesuatu secara kritis)’’,
dan tidak menerima pengalaman yang didasarkan pada sikap ‘’receptve
attitude mind (sikap menerima segitu saja)’’. Sehingga pada zaman ini
filsafat tumbuh dengan subur. Yunani mencapai puncak kejayaannya atau zaman
keemasannya (zaman Hellenisme) di bawah pimpinan Iskandar Agung(356-323 SM)
dari Macedonia, yang merupakan salah seorang murid Aristoteles.
Pada abad ke-0 M,
perkembangan ilmu mulai mendapat hambatan.Hal ini disebabkan oleh lahirnya
Kristen.Pada abad pertama sampai abad ke- 2 M mulai ada pembagian wilayah
perkembangan ilmu.Wilayah pertama berpusat di Athena, yang difokuskan dibidang
kemampuan intelektual.Sedangkan wilayah kedua berpusat di Alexandria, yang
fukos pada bidang empiris.
Setelah Alexandria di kuasai oleh
Roma yang tertarik dengan hal-hal abstrak, pada abad ke- 4dan ke- 5 M ilmu
pengetahuan pegetahuan benar-benar beku. Hal ini di sebabkan oleh tiga pokok
penting :
1).
Penguasa Roma yang menekan kebebasan berfikir.
2).
Ajaran Kristen tidak disangkal.
3).
Kerjasama gereja dan penguasa sebagai otoritas kebenaran.
Walaupun begitu, pada abad ke-2 M
sempat ada Galen (bidang kedokteran) dan tokoh aljabar, Poppus dan Diopanthus
yang berperan dalam perkembangan pengetahuan.Pada zaman ini banyak bermunculan
ilmuwan terkemuka. Ada beberapa nama yang popular pada masa ini, yaitu : Thales (624-545) dari Melitas, Pythagoras
(582 SM–496 SM), Socrates (470 SM -399 SM), Democritus, dikenal sebagai ‘’bapak
atom’’, Plato (427 SM- 347SM), dan Aristoteles 84 SM- 322 SM).
Periode
filsafat yunani ini merupakan periode sangat penting dalam sejarah peradapan
manusia karena pada waktu ini terjadi perubahan pola pikir manusia dari
mitosentris menjadi logosentris. Pola pikir mitosentris adalah pola pikir
masyarakat yang sangat mengandalkan mitos untuk menjelaskan fenomena
alam,seperti gempa bumi dan pelangi. Gempa bumi tidak dianggap fenomena alam
biasa,tetapi dewa bumi yang sedang menggoyangkan kepalanya namun ketiaka
filsafat diperkenankan ,fenaomena tersebut tidak lagi dianggap sebagai
aktivitas dewa, tetapi aktivitas alam yang terjadi secara kausalitas. Perubahan
pola pikir tersebut kelihatannya sederhana,tetapi di impelisikan tidak
sederhanana karena selama ini alam ditakuti dan dijauhi kemudian didekati
bahkan diekspoitasi.
Karena manusia selalu berhadapan dengan alam yang begitu luas dan penuh misteri, timbul rasa ingin mengetahui rahasia alam itu.Sehingga tidak heran kemudian mereka juga disebut dengan filosof alam ini juga di sebut filosof pra sokrates,sedangkan sokrates dan setelahnya disebut para filosof pasca sokrates yang tidak hanya mengkaji tentang alam, tetapi manusia dan perilakunya filosof alam pertama yang mengkaji tentang asal usul alam adalah Thales (624-546 SM). Iya di gelari Bapak filsafat karena dialah orang yang mula-mula berfilsafat dan mempertanyakan.
Berbeda dengan Thales dan Anaximandros, Heraklitos (540-480 SM) melihat alam semesta ini selalu dalam keadaan berubah; sesuatu yang dingin. Itu berarti bahwa bila kita hendak memahami kehidupan kosmos, kita harus menyadari bahwa kosmos itu dinamis.ungkapan yang terkenal dari Heraklitos dalam menggambarkan perubahan ini adalah panta rheri uden menei (semuanya mengalir dan tidak ada sesuatu pun yang tinggal..manetap).
Pythagoras (580-500 SM) mengembalikan segala sesuatu kepada bilangan semua realitas dapat diukur dengan bilangan (kuantitas) karena itu dia berpendapat bahwa bilangan adalah unsur utama dari alam dan sekaligus menjadi ukuran kalau segala-galanya adalah bilangan,itu berarti bahwa unsur bilangan merupakan juga unsur yang terdapat dalam sgala unsur.demikian juga seluruh jagad raya merupakan suatu harmoni yang medamaikan hal-hal yang berlawanan. Artinya,segala sesuatu berdasarkan dan dapat dikembalikan.
Karena manusia selalu berhadapan dengan alam yang begitu luas dan penuh misteri, timbul rasa ingin mengetahui rahasia alam itu.Sehingga tidak heran kemudian mereka juga disebut dengan filosof alam ini juga di sebut filosof pra sokrates,sedangkan sokrates dan setelahnya disebut para filosof pasca sokrates yang tidak hanya mengkaji tentang alam, tetapi manusia dan perilakunya filosof alam pertama yang mengkaji tentang asal usul alam adalah Thales (624-546 SM). Iya di gelari Bapak filsafat karena dialah orang yang mula-mula berfilsafat dan mempertanyakan.
Berbeda dengan Thales dan Anaximandros, Heraklitos (540-480 SM) melihat alam semesta ini selalu dalam keadaan berubah; sesuatu yang dingin. Itu berarti bahwa bila kita hendak memahami kehidupan kosmos, kita harus menyadari bahwa kosmos itu dinamis.ungkapan yang terkenal dari Heraklitos dalam menggambarkan perubahan ini adalah panta rheri uden menei (semuanya mengalir dan tidak ada sesuatu pun yang tinggal..manetap).
Pythagoras (580-500 SM) mengembalikan segala sesuatu kepada bilangan semua realitas dapat diukur dengan bilangan (kuantitas) karena itu dia berpendapat bahwa bilangan adalah unsur utama dari alam dan sekaligus menjadi ukuran kalau segala-galanya adalah bilangan,itu berarti bahwa unsur bilangan merupakan juga unsur yang terdapat dalam sgala unsur.demikian juga seluruh jagad raya merupakan suatu harmoni yang medamaikan hal-hal yang berlawanan. Artinya,segala sesuatu berdasarkan dan dapat dikembalikan.
B.PERKEMBANGAN ILMU ZAMAN ISLAM
Sebelum
diuraikan sejarah dan perkembangan ilmu dalam isalam,ada baikanya diuraikan
sedikit tentang pandangan islam terhadap ilmu.pengembangan ilmu di sepanjang
sejarah kehidupan umat islam,mulai dari zaman klasik sampai islam sudah
memberiakn penghargaan yang begitu besar kepada ilmu. Sebagai mana sudah
diketahui bahwa nabi muhammad saw. Kemudian islamdatang menawarkan cahaya
penerang yang mengubah masyarakat arab jahiliah menjadi masyarakat yang berilmu
dan beradab. Pandangan islam tentang pentingya ilmu tumbuh bersamaan dengan
munculnya islam itu sendiri.ketika Rasulullah saw. Meneriam wahyu pertama, yang
mula-mula diperintahkan kepadanya adalah”membaca” jibril memerintahkan muhammad
dengan bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan.
Zaman
islam ini masih berhubungan dengan zaman sebelumnya.Karena awal mula zaman ini
pada abad 6 M sampai sekitar abad 14 M, maka tampillah para theology di
lapangan ilmu pengetahuan.Segala aktifitas keilmuan harus berdasarkan atau
mendukung agama. Dengan kata lain aktifitas ilmiah terkait erat dengan
aktifitas keagamaan.
Ketika
bangsa eropa mengalami kegelapan, kebangkitan justru milik islam. Hal ini
dimulai dari lahirnya nabi Muhammad SAW pada abad ke 6M. Perluasan wilayah,
pembinaan hukum serta penerjemahan filsafat Yunani, dan kemajuan ilmu
pengetahuan pada abad ke – 7 M sampai abad ke-12 M. Pada masa ini islam
mendapat masa keemasannya (golden age).
Selain
itu, pada abad ini terjadi abad perkembangan kebudayaan di Asia Selatan dan
timur, seperti, ajaran Lao Tse (menjaga keharmonisan dengan alam) dan Confucius
(konsep kode etik luhur mengatur akal sehat).
Sepanjang Eropa mengalami masa
kegelapan, di sebelah selatan Laut Tengah berkembang kerajaan bangsa Arab yang
di pengaruhi oleh budaya islam. Dengan berkembanganya pengaruh islam,
maka semakin banyak pula tokoh-tokoh ilmuwan yang berperan dalam perkembangan
ilmu. tokoh-tokoh tersebut adalah Hanafi,
Maliki, Syafii, dan Hanbali yang ahli dalam hokum Islam, Al-farabi ahli
astronomi dan matematika, Ibnu Sina ahli kedokteran dengan buku terkenalnya
yaitu The Canon of Medicine.
Al-kindi ahli filsafat, Al-ghazali intelek yang meramu berbagai ilmu sehingga
menjadi kesatuan dan kesinambungan dan mensintesis antara agama, filsafat,
mistik dan sufisme .Ibnu Khaldun ahali sosiologi, filsafat sejarah, politik,
ekonomi, social dan kenegaraan.Anzahel ahli dan penemu teori peredaran
planet.Tetapi setelah perang salib terjadi umat Islam mengalami kemundurran,
umat Islam dalam keadaan porak-poranda oleh berbagai peperangan.Ada beberapa poin
penting yang akan dibahas dalam parkembangan ilmu pada zaman islam yaitu;
Penyampaian
Ilmu dan Filsafat Yunani ke Dunia Islam
Pada dasarnya terdapat upaya
rekonsiliasi antara pandangan filsafat Yunani, dengan pandangan keagamaan dalam
Islam yang seringkali menimbulkan benturan-benturan.Plato dan Aristoteles telah
memberikan pengaruh yang besar terhadap mashab-mashab Islam, khususnya mashab
elektisisme.Usaha-usaha mereka pada gilirannya menjadi alat dalam penyebaran
filsafat dan penetrasinya ke dalam studi-studi keislaman lainnya, dan tidak
diragukan lagi upaya rekonsiliasi oleh para filosof Muslim ini menghasilkan
afinitas dan ikatan yang kuat antara filsafat Arab dan filsafat Yunani.
Perkembangan Ilmu pada Masa Islam Klasik
Tahap penting dalam proses
perkembangan dan tradisi keilmuan Islam ialah masuknya unsur-unsur dari luar ke
dalam Islam, khususnya unsur-unsur budaya Perso-Semitik dan budaya Hellenisme.
Adanya perbedaan pandangan membuat pemikiran Islam ibarat pisau bermata
dua.Dari adanya pandangan yang dikotomis antara keduanya muncul usaha menengahi
dengan menggunakan argumen-argumen Hellenisme, terutama filsafat
Aristoteles.Sikap menengahi itu terutama dilakukan oleh abu Al-Hasan Al-
Asy’ari, dan Al-Maturidi yang juga menggunakan unsur Hellenisme.
Perkembangan Ilmu pada Masa Kejayaan Islam
Pada masa kejayaan kekuasaan
Islam, khususnya pada masa pemerintahan Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbasiyah,
ilmu berkembang maju dan pesat. Kemajuan ini membawa Islam pada masa
keemasannya, dimana pada saat yang sama wilayah-wilayah yang jauh di luar
kekuasaan Islam msih berada pada masa kegelapan peradaban (Dark Age).
Masa Keruntuhan Tradisi Keilmuan dalam Islam
Abad ke-18 dalam sejarah Islam
adalah yang paling menyedihkan bagi umat Islam dan memperoleh catatan buruk
bagi peradaban Islam secara universal. Seperti yang diungkapkan Lothop Stodard,
bahwa menjelang abad ke-18, dunia Islam akan merosot ke tingkat yang terendah.
Ia menyatakan seandainya Muhammad bias hidup kembali, dia pasti akan mengutuk
pengikutnya sebagai kaum murtad dan musyrik.salah satu penyebab utama kematian semangat ilmiah di kalangan umat Islam
adalah diterimanya paham Yunani mengenai realitas yang pada pokoknya bersifat
statis, sementara jiwa Islam adalah dinamis dan berkembang.
Ø KEMAJUAN ILMU ZAMAN RENAISANS DAN MODEREN
·
Masa Renaisans (Abad ke 15-16)
Renaisans merupakan era sejarah yang penuh dengan kemajuan
dan perubahan yang mengandung arti bagi perkembangan ilmu.zaman ini juga
merupakan penyempurnaan kesenian, keahlnian, dan ilmu yang diwujugkan dalam
diri jenius serba bisa, leonardo da vinci penemuan percetakan ditemukannya
benua baru (1492 SM) oleh colombus memberikan dorongan lebih keras untuk meraih
kemajuan ilmu. Adnya penemuan para ahli perbintangan seperti copernicus dan
Galileo menjadi dasar bagi munculnya astronomi moderen yang merupakan titik
balik dalam pemerintahan ilmu dan filsafat.
Zaman
ini berlangsung pada awal abad 14 M sampai dengan abad 17 M. Renaissance
sering diartikan dengan kebangkitan, peralihan, atau lahir kembali (rebirth),
yaitu di lahirkan kembali sebagai manusia yang bebas untuk berpikir , dan jauh
dari ajaran – ajaran agama.
Tokoh –
tokoh ilmuwan yang berpengaruh di masa ini ialah sebagai berikut :
1. Nicolaus Capernicus ( 1473 M – 1543 M ),
adalah seorang astronom, matematikawan, dan ekonom yang berkembangsaan
Polandia. Ia mengembangkan Teori Heliosentris (Tata Suryaberpusat di
matahari).
2. Galileo Galilei ( 1564 M – 1642 M ), adalah
seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar
dalam revolusi ilmiah. Sumbangannya dalam keilmuan antara lain adalah
penyempurnaan teleskop ( dengan 32 x pembesaran ) dan berbagai observasi
astronomi. Dia adalah orang pertama yang melukiskan tata surya seperti yangkita
kenal sekarang.
3. Tycho Brahe ( 1546 M – 1601 M ), adalah
seorang bangsawan Denmark yang terkenal sebagai astronom/astrolog dan
alkimiawan. Tycho adalh astronom pengamat paling menonjol di zaman pra
–teleskop. Akurasi pengamatannya pada posisi bintang dan planet tak
tertandingi pada masa itu.
4. Johannes Kepler (1571 M – 1630 M), adalah
astronom jerman, Matematikawan dan astrolog. Ia paling di kenal melalui hukum
gerakan planetnya.Kepler juga ahli optic dan astronomi. Penjelasannya
tentang pembiasan cahaya tertuang dalam buku ‘’supplement to
witelo , expounding the optical part of astronomy’’. Ia orang pertama yang
menjelaskan cara kerja mata.
5. Fancies Bacon ( 1561 M – 1626 M ), adalah
seorang filsuf, negarawan dan penulis Inggris. Karya – karyanya antar
lain membangun dan mempopulerkan motodologi induksi untuk penelitian ilmiah,
sering kali disebut metode Baconian.
6. Andreas Vesalius ( 114b M – 1564 M ),
adalah ahli anatomi. Ia memperkenalkan tentang anatomi tubuh manusia. Ia juga
menulis sebuak teks mengenai tumbuhan obat.
·
Zaman
modern
Zaman ini sudah dimulai sejak abad 14 M. zaman ini
juga dikenal sebagai masa rasionalisme yang tumbuh di zaman modern karena
munculnya berbagai penemuan ilmu pengetahuan.
Tokoh
yang menjadi pioner pada masa ini adalah Rene Decrates, Isaac Newton, Charles
Darwin, dan JJ. Thompson. Keterangan lebih lengkap sebagai berikut :
1.
Isaac Newton ( 1643 M – 1727 ), adalah seorang fisikawan , matematikawan,
ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, dan theolog. Dia di katakana sebagai
‘’Bapak ilmu fisika klasik’’.Karyanya yang berjudul Philosophiae Naturalis
Principia Mathematica menjabarkan tentang hukum gravitasi dan tiga hukum
gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad
ini.
2.
Rene Descartes ( 1596 M – 1650 M ), ia di kenal sebagai Renatus Cartesius,
adalah seorang filsuf dan matematikawan Perancis. Descartes kadang di
panggil ‘’ Penemu filsafat Modern’’ dan ‘’ Bapak matematika modern’’.
Pemikirannya yang menggunakan revolusi adalah ‘’semuanya tida ada yang pasti ,
kecuali kenyataan bahwa seseorang berfikir’’.
3.
Charles Robert Darwin ( 1809 M – 1882 M ) adalah seorang naturalis yang teori
revolusionernya meletakkan landasan bagi teori evolusi modern dan prinsip garis
keturunan yang sama (common Descent) dengan mengajukan seleksi
alam sebagai mekanismenya. Teorinya yang paling menggemparkan adalah ‘’
Nenenk Moyang Manusia Adalah Kera ‘’.
4.
Joseph John Thompson ( 1856 M – 1940 M ) adalah seorang ilmuan dengan
penelitiannya yang membuahkan penemuan Elektron. Thompson mengungkapkan bahwa
gas mampu mengantarkan listrik.Ia menjadi seorang perintis ilmu fisika nuklir.
Dia juga menemukan sebuah metode untuk memisahkan jenis atom dan sinar
molekul yang berbeda dengan menggunakan sinar positif.
Ø Kemajuan Ilmu Pada Zaman
Kontemporer
Zaman
ini bermula dari abad 20 M dan sebagian besar aplikasi ilmu dan teknologi di
abad 21 merupakan hasil penemuan mutakhir di zaman ini.Bidang fisika menjadi
tiitk perkembangan ilmu pada masa ini.Hal ini di sebabakan karena fisika di
pandang sebagai dasar ilmu pengetahuan yang subjek materinya mengandung
unsur–unsur fundamental yang membentuk alam semesta.
periodisasi
sejarah perkembangan ilmu sejak dari zaman klasik, zaman pertengahan, zaman
moderen, dan zaman kontermporer yang telah banyak terjadi perubahan. Oleh
karena itu, melihat perkembangan ilmu pada zaman kontemporer, tidak lain
adalah mengamati pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut dari rentetan
sejarah ilmu.
Tokoh
yang terkenal pada masa ini adalah Albert Enstein (1879 M – 1955 M), dia adalah
ilmuan Fisika.Dia mengemukakan teori relativitas. Semenjak tahun 1905 M sampai
1917 M, saat ia menerbitkan tulisan revolusionernya tentang teori Relativitas,
pandangan umat manusia tentang dunia dan alam semesta pun berubah selamanya,
tahap terakhir dari zaman modern telah lahir, dan cakrawala pun bergeser. Masih
ada lagi ilmuwan yang mempunyai ide besar lainnya, antara lain seperti Linus
Pauling, James D. Watson, Miller Urey, Werner Heinsenberg dan Erwin
Schrodinger, Edwin Hubble, Alfred Wegener.
Kata Pengantar
Segala puji bagi Allah Tuhan
semesta alam. Shalawat serta salam tidak lupa kami ucapkan untuk junjungan kita
Nabi Besar Muhammad SAW. Kami bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan
hidayah serta taufik-Nya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini berisikan tentang
sejarah ilmu pengetahuan dari masa ke masa, dari zaman Yunani kuno hingga zaman
modern. Dan di dalamnya terdapat tokoh-tokoh yang berperan penting dalam
perkembangan ilmu pengetahuan, baik dari dunia barat maupun dari bangsa islam.
Kami menyadari makalah yang
dibuat ini tidaklah sempurna.Oleh karena itu, apabila ada kritik dan saran yang
bersifat membangun terhadap makalah ini, kami sangat berterima kasih.
Demikian makalah ini kami
susun.Semoga dapat berguna untuk kita semua.Amin.
Kendari, 4
April 2012
Penulis
Daftar Isi
Pengantar……………………………………………………………………………….iDaftar Isi………………………………………………………………………………..ii
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah………………………..…………………………1
B. Rumusan Masalah…………………………………………………………1
C. Tujuan
Penulisan…………………………………………....…………….2
BAB II PEMBAHASAN………………………….……………………………………3
A.
Perkembangan ilmu pada Zaman Yunani Kuno………………………….4
C. Perkembangan
Ilmu Pada Zaman Islam…………..………………………6
D. Perkembangan
Ilmu Pada Zaman Renaissance dan Mode……….….….10
E. Perkembangan
Ilmu Pada Zaman Kontempore………………….………14BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan………………………………..………………….…………..15
B.
Saran………….……………………………………………….….…..….15
Daftar Pustaka
BAB I
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sejarah perkembangan ilmu
bermula dari zaman pra- sejarah atau bisa.Pada masa itu ilmu hanya sebatas rasa
ingin tahu mengenai alam sekitarnya.Namun periodisasi ilmu pengetahuan secara
teoris selalu mengacu pada peradaban Yunani.
Zaman Yunani merupakan zaman
filsafat, karena pada zaman ini para filsuf menggunakan sikap ‘’Aninquiring
Attitude’’ dan tidak menerima pengalaman yang didasarkan pada sikap ‘’
Receptive attitude’’.Dan di zaman ini banyak bermunculan filsuf terkenal
seperti Thales, Phytagoras, Socrates, Demokritus, Plato, dan Aristoteles.
Zaman Rennaisance merupakan
kebangkitan para filsuf yang bebas berfikir tanpa adanya pengaruh ajaran
agama
Zaman modern dikenal
sebagai masa rasionalisme yang tumbuh dizaman modern karena munculnya
berbagai ilmu pengetahuan yang berkembang dengan baik
Zaman kontemporer merupakan
zaman kemajuan ilmu pengetahuan, di mana fisika menjadi titik pusat
perkembangannya. Tokoh yang sangat populer di masa ini adalah Albert Eintein
yang mengemukakan teori relatifitas.
B.
Saran
Saran yang dapat kami sampaikan
adalah :
1. Seharusnya kita sebagai
calon pendidik haruslah banyak mengetahui tentang sejarah perkembangan ilmu
pengetahuan, dan siapa saja penemu yang berperan penting dalam kehidupan ini.
2. Sebagai umat islam, kita
harus tahu bahwa yang berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan saat
ini tidak hanya orang Barat, namun orang dari timur – tengah pun banyak.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang masalah.
Ilmu pengetahuan bermula dari
rasa ingin tahu, yang merupakan ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa
ingin tahu tentang benda-benda disekitarnya, seperti bulan, bintang, dan
matahari. Bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri.Ilmu pengetahuan merupakan
pencarian makna praktis, yaitu penjelasan yang bisa dimanfaatkan.Penjelasan ini
telah menjadi dasar ilmu pengetahuan manusia dari zaman pra-sejarah hingga awal
abad ke-20.
Ilmu pengetahuan abad ke-20
telah mengubah segalanya, kemajuan- kemajuan serupa itu sebenarnya telah
terjadi di masa-masa sebelumnya. Salah satunya terjadi kira-kira tahun 2500 SM,
ketika ”Stonehenge’’ didirikan di Inggris dan ‘’Piramida’’ dibangun di Mesir.
Kedua monument ini menyatukan gagasan astronomis dan religius yang
kecanggihannya tidak sepenuhnya di ketahui hingga abad ini.Penyelidikan
mendalam tentang Stonehenge dan piramida-piramida tersebut mengungkap
pengetahuan matematika yang mengejutkan.Orang yang membangun kedua monumen ini
telah memahami istilah-istilah praktis yang paling sederhana tentang hubungan
antara dua sisi tegak dengan sisi miring dari segitiga siki-siku yang tertentu.
Sejarah perkembangan ilmu
pengetahuan lainnya juga mengungkapkan tentang peranan dunia islam di dalamnya.
Sekitar abad ke 7 M. pada zaman Bani Umayyah, orang islam menemukan cara
pengamatan astronomi. Kemudian pada tahun 825 M. M. AL-khawarizmi telah
menyusun buku aljabar yang menjadi buku standar beberapa abad lamanya di
Eropa.
Dari beberapa uraian tersebut,
ternyata perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidaklah muncul dengan
sendirinya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang selalu lapar akan
pengetahuan harus mengetahui secara detail sejarah perkembangan ilmu
pengetahuan dari waktu ke waktu.
B. Rumusan Masalah
1.
Mampu mengetahui dengan jelas
proses perkembangan ilmu dari zaman Yunani
hingga zaman kontempor.
2.
Mampu mentelesaikan tugas yang
di berikan oleh dosen mata kuliah Filsafat Ilmu.
C. Tujuan Penulisan
1.
Mengetahui dengan jelas proses perkembangan ilmu dari zaman Yunani, hingga
zaman kontemporer.
2. Memenuhi
tugas yang di berikan oleh dosen mata kuliah Filsafat Ilmu.
Daftar Pustaka
Bakhtiar Amsal, H., Dr,. M.A., Filsafat Ilmu, Logos, Jakarta, 2005
Masniah, Dkk.,Makalah “Sejarah Perkembangan Ilmu”, STAI Rakha, Amuntai,2009
Nur Hikmah, Dkk.,Makalah “Sejarah Perkembangan Ilmu”, STAI Rakha, Amuntai, 2010
0 komentar:
Posting Komentar